Pidato Sumpah Pemuda

 

KOBARKAN SEMANGAT SUMPAH PEMUDA



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua

 

Yang terhormat Bapak Ibu dewan juri, serta

Hadirin yang berbahagia

 

Alhamdulillah Alhamdulillahi rabbil 'alamin wasshalatu wassalamu 'ala asrafil ambiya iwal mursalin wa ala alihi washahbihi rasullillahi ajmain amma ba'du.

 

Pertama-tama marilah kita ucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT karena dengan rahmat-Nya kita dapat berkumpul di SMK Negeri 3 dalam rangka lomba pidato dengan keadaan sehat wal Afiat dan tanpa  kekurangan apapun.

Shalawat beriring salam tidak lupa pula kita hadiahkan buat junjungan kita, yakni Nabi besar Muhammad SAW dengan mengucapkan Allahumma shalli ala Muhammad Wa ala ali Muhammad.

 

Dewan juri dan teman teman, perkenalkan saya Amalia Kartika dari SMP NEGERI 4 BATHIN SOLAPAN. Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato yang berjudul “Kobarkan Semangat Sumpah Pemuda.

 

Seperti kita ketahui setiap tahunnya pada tanggal 28 Oktober seluruh rakyat Indonesia memperingati hari sumpah pemuda. Sumpah pemuda memiliki makna yang besar bagi bangsa Indonesia. Sumpah pemuda merupakan tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini merupakan cita-cita dan semangat perjuangan bangsa Indonesia untuk lepas dari perpecahan dan bersatu menuju kemerdekaan. Sumpah pemuda menunjukkan kuatnya tekad para pemuda dan pemudi untuk bersatu sebagai bangsa Indonesia.

Teman teman bagi seorang pelajar seperti kita sumpah pemuda memiliki makna agar kita tetap menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia menuju yang lebih baik. Artinya, jangan sampai ada perbedaan dan perpecahan diantara kita para pelajar. Pelajar adalah generasi muda harapan bangsa. Di tangan generasi muda cita-cita dan tujuan negara kita diharapkan akan tercapai. Bagi pelajar seperti kita, hal yang bisa dilakukan untuk memaknai sumpah pemuda ini adalah dengan cara rajin belajar, mengukir prestasi, serta berkarya agar menjadi generasi yang cemerlang dan unggul dalam segala bidang.

Hadirin yang berbahagia

 

Di era perkembangan teknologi saat ini, cukup berpengaruh pada cara bersikap, bertutur, bahkan cara berpikir generasi muda. Belum lama ini, kita mendengar dan menyaksikan  tiga remaja yang bergoyang, berjoget tiktok di acara Maulid Nabi. Hal itu salah contoh rusaknya moral remaja saat ini karena tidak bijak dalam menggunakan teknologi, tidak adanya pegangan agama yang kuat dan tidak mengindahkan bimbingan orang tua dalam menjalankan hidup. Oleh karena itu, teknologi seharusnya kita gunakan secara bijak agar kita sebagai generasi muda dapat memilah milih mana yang bermanfaat dan tidak untuk kita.

 

Apalagi masa pandemi covid 19 saat ini, kita rakyat Indonesia khususnya kaum pelajar harus menjadikan masa sulit ini sebagai pembelajaran dan semangat untuk menjaga keutuhan bangsa Indonesia. "Coba pikirkan jika bukan kita semua masyarakat Indonesia, lalu siapa lagi yang menjaga keutuhan bangsa ini."? Seharusnya kita sebagai generasi muda harus lebih berpikir keras untuk kemajuan bangsa kita dibandingkan  orang tua. Janganlah kita mengharapkan bangsa ini memberikan sesuatu kepada kita tetapi cobalah bertanya "apa yang sudah kita berikan untuk bangsa ini?". Bangsa ini tidak mengharapkan hal yang banyak dan besar dari kita tetapi hal positif yang kita lakukan sebagai pelajar sudah membuat bangga bangsa ini. Oleh sebab itu, janganlah melakukan hal-hal negatif yang dapat merugikan bangsa dan juga diri kita sendiri.

Jadi, kita sebagai pemuda pemudi Indonesia yang terpelajar diharapkan  mampu menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Maka dari itu, saya mengajak teman-teman untuk menanamkan dan menerapkan nilai-nilai positif, nilai-nilai semangat sumpah pemuda dalam kehidupan kita sehari-hari agar dapat mengantarkan dan menjadikan Indonesia lebih maju dan sejahtera.

 

Selamat hari Sumpah Pemuda! Semoga semangat sumpah pemuda tetap berkobar dalam jiwa dan raga kita.

 

Sekianlah pidato yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat untuk kita semua. Apabila ada kesalahan saya mohon maaf. Atas perhatian Bapak Ibu dan teman-teman semua, saya ucapkan terima kasih.

 

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

0 Komentar