Pentingnya Pojok Baca




Pentingnya Pojok Baca

Karya :
Cindy Fadila Putri

Apasih yang terlintas dipikiran kita jika mendengar kata ”pojok baca”? Pastinya semua berpikir bahwa pojok baca itu adalah tempat yang sangat membosankan, apalagi berhubungan dengan banyak buku-buku, Hmm atau ada yang berpikir pojok baca itu tidak penting sama sekali?!

Tunggu dulu, mengingat minat baca bangsa Indonesia yang sangat rendah ini, apakah kita sebagai warganya tidak ingin menumbuhkan minat baca bagi anak-anak generasi kita kelak? Apa mau,bangsa kita terus-terusan dicap sebagai negara dengan minat baca terendah bahkan jauh tertinggal? Tidak mau bukan?
Makanya membuat pojok baca adalah solusinya.

Setelah saya amati,  pojok baca ini sangat-sangat bisa menumbuhkan minat baca pada anak, baik anak pra sekolah maupun yang sedang sekolah. Bagi seorang pelajar seperti saya sendiri menilai bahwa pojok baca itu sangat penting, apalagi jika dibuat di setiap ruang  kelas. Seperti yang  diterapkan  di sekolah saya, SMPN 4 Bathin Solapan yang mewajibkan pojok baca harus ada di setiap ruang kelasnya . Ini adalah bentuk usaha yang sudah guru kami lakukan, agar minat membaca kami bertambah. Tidak hanya itu, di setiap ruang kelas pojok bacanya dihiasi dengan tema yang berbeda-beda dan kami bergotong royong untuk menghiasi serta membuat pojok baca itu jadi tempat senyaman mungkin yang dibimbing oleh guru-guru kami, asik bukan??
Supaya kami tidak bosan, di pojok baca tidak hanya disediakan buku-buku pengetahuan saja lhoo, ada juga buku agama, cerita-cerita rakyat, komik, cerpen, buku ontologi puisi dan lainnya. Jadi kami juga bisa memperluas wawasan diluar buku pelajaran sekolah sembari kami menghabiskan jam istirahat.

Sampai disini masih mau berfikir, bahwa pojok baca itu tidak penting? Jika dibuat di sekolah saja manfaatnya sudah banyak, apalagi orang tua membuatnya di rumah, pasti sangat bermanfaat sekali dong.

Seperti negara-negara maju di luar sana, mereka menjadikan buku sebagai kebiasaan setiap hari. Bukan sebuah keharusan bahkan keterpaksaan.
Jika para orang tua membuat pojok baca dirumah dari anak usia dini, pastinya sangat bagus untuk perkembangan daya motorik anak. Tidak harus langsung memberi anak bahan bacaan yang berat, seperti chunky book sudah sangat disukai anak-anak usia dini karena menyajikan banyak gambar-gambar lucu.
Adapun manfaat pojok baca untuk anak pra sekolah nantinya memungkinkan sang anak menjadi lebih siap untuk masuk sekolah dan lebih cerdas pastinya, sedangkan untuk anak sekolah, ini akan membuatnya unggul dari teman-teman yang lainnya karena berwawasan luas. Jadi menanamkan budaya membaca buku pada anak itu adalah hal yang baik, apalagi dilakukan sejak dini.
Ayo lestarikan budaya membaca!

4 Komentar