Cara Ampuh Mengatasi Gugup Berbicara di Depan Umum


                       Cara Ampuh Mengatasi Gugup Berbicara di depan Umum



Ini dia cara ampuh mengatasi gugup berbicara di depan umum. Pernah merasa gerogi, nervous, cemas, malu, takut saat berbicara di depan umum??? Apalagi saat memberikan materi di depan teman-teman kita sendiri. wah ini aku banget gaiss. Berbicara di depan umum adalah tantangan tersendiri bagi banyak orang  termasuk diriku., wajar gak yah??? Perhatian yang hanya tertuju kepada pembicara merupakan penyebab kita merasa cemas dan gerogi saat mulai berbicara atau saat mulai memberikan materi. Perasaan takut salah juga selalu menyelimuti ketika kita memberikan materi apalagi kalau kita tahu bahwa audiens yang kita hadapi lebih senior, lebih tua dan lebih berkompeten.

Pengalaman nih gaesss….
Saat aku harus memberikan materi kepada rekan-rekan kerja, trus aku sudah mengenal mereka, aku tuh gugup sekali. Aku sulit menguasai diriku , maklum ini kali pertama aku memberikan materi di depan teman. Sebenarnya sih, aku tuh juga mengajar di salah satu perguruan tinggi di kotaku. Rasanya tidak ada masalah yang berarti. Terkadang aku mulai perkuliahan dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore.  Delapan jam di depan mahasiswa masih bisa santai dan ketawa ketiwi tapi gaesss 8 jam di depan teman-teman, membuat aku lemas, lunglai tak bertenaga, seakan-akan semua energi terkuras. Seakan-akan aku takut menghadapi pertemuan berikutnya. Seakan-akan teman-temanku menertawakan. Seakan-akan teman-temanku kecewa. Banyak sekali yang muncul di benakku.

Perenunganku…
Gaess…lama kulamunkan, kalau aku selalu terbelenggu dengan rasa yang tidak pasti, maka aku tidak akan maju dan tidak akan siap menghadapi apapun. Sampai akhirnya kutemukan cara bagaimana bisa mengatasi semua itu.
1.    Datang lebih awal
Dengan datang lebih awal, kita punya kesempatan untuk mempersiapkan segalanya. Datang lebih awal juga bisa menenangkan pikiran kita. Jika pikiran kita tenang maka materi yang akan kita sampaikan lebih dikuasai.
2.    Catat materi
Biasakan mencatat materi sebelum menyampaikan di depan orang banyak. Setidaknya yang menjadi poin-poin penting sehingga tidak ada yang terlupa. Namun sebelumnya tentu kita sudah membaca materi-materi tersebut.
3.    Selalu melakukan pendekatan
Mengajak audiens berbicara sebelum mulai menyampaikan materi mampu menghilangkan rasa gugup yang berlebihan. Bicaralah hal-hal yang santai sehingga kita merasa dekat sekali dengan audiens. Kenali juga karakter masing-masing audiens melalui pendekatan yang kita lakukan.
4.    Menikmati proses  kegiatan
Tanamkan dalam hati, kegiatan ini merupakan proses berbagi. Bukan proses mengajar. Kita tidak perlu memaksakan diri agar tampak sempurna. Sampaikan saja apa yang menjadi petunjuk teknis.
5.    Melibatkan semua audiens dalam memberikan solusi
Melibatkan semua audiens merupakan cara yang tepat agar persoalan yang mucul bisa diselesaikan. Ketika ada persoalan atau pertanyaan, sebaiknya kita lempar dulu ke audiens sehingga kita punya waktu untuk memberikan solusi. Yakinlah audiens kita pasti punya pendapat-pendapat yang cemerlang.

Gaesss…..
Itu yang aku lakukan ketika aku harus menyampaikan materi di depan teman-teman. Alhamdulillah pengalaman buruk pada pertemuan awal tidak terulang kembali pada pertemuan-pertemuan berikutnya. Ini merupakan pengalaman berharga buat ku.. Selalu ku ucapkan dalam hati, " kupasti bisa" hingga ku berusaha untuk bisa... Selamat berjumpa di lain kesempatan.
Wajah-wajah ceria setelah selesai kegiatan..
Alhamdulillah..
Terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat...
Tinggalkan komentar agar kita saling kenal.

0 Komentar